Jumat, 01 Januari 2016

Analisa penjualan toko

Mempelajari laporan penjualan toko ternyata cukup menarik. Yang pasti hal ini amat bermanfaat untuk menentukan langkah mengelola penjualan dan pembelian barang.
Dalam data penjualan bisa kita lihat rekap penjualan sebulan  sampai setahun. Kita bisa tahu dalam sebulan atau setahun ada berapa pengunjung, ada berapa total harga pokok, ada berapa total harga jual serta ada berapa profit... tentu seneng lihat hasil total nya...tergantung kondisi masing-masing toko.
Bisa pula kita lihat detil penjualan dalam sehari...ini kita lakukan bila kita  mau tahu beberapa item barang yang perlu kita lihat stoknya  setiap hari. Biasanya Bu Tim melihat data penjualan pulsa, serta premium. serta beraneka susu. Karena ini rentan dengan keliru dan hilang. Untuk toko yang menjual rokok  ini termasuk yang sangat penting  untuk cek stok setiap hari. Sementara penjualan pulsa harus cocok antara catatan manual dengan data komputer sebagai cros ceknya.
Dengan data penjualan ini kita bisa tahu hari apa penjualan rame pun surut. Biasanya hari Sabtu, hari Minggu, tanggal muda, hari raya Idhul Fitri, Idhul Adha, Natal. tahun ajaran baru  dan tiap tanggal merah adalah hari rame penjualan. Kita bisa upayakan antisipasi melayani pembeli dengan maksimal

Kita juga bisa lihat data penjualan per departemen, sehingga kita tahu barang apa yang masuk ranking tertiggi penjualan. Dulu rokok menduduki posisi tertingi dalam harga jual tiap hari dengan profit nodua terkadang juga no satu. Alhamdulillah terganti dengan pulsa dan premium. Posisi tertinggi  adalah departmen minuman ringan dan bubuk. Aneka minuman botol pun sacet..ternyata rata rata paling tinggi profitnya dengan harga pokok yang lebih ringan. Alias untungnya buanyak.. Minuman dingin pun cukup mendukung.. Dengan modal cooler tentunya yang listrik juga perlu di perhitungkan
Dengan tahu penjualan per departemen kita bisa alokasikan pembelian  barang dengan mengtamakan departemen mana yang harus selalu cukup stok.

Analisa penjualan per Kassir untuk cek berapa yang di setor masig2 kassir. shif satu dan shif dua rame mana dll.

 Analis penjualan per jam.. kita bisa tahu jam-jam berapa toko rame, sehingga kita bisa mengantisipasi penjagaan dan pelayanan.
Analisa penjualan per suplier. kia jadi tahu suplier mana yang sangat dominan  di toko kita.  Yang barangna amat diperlukan di toko. perlu di tambah atau dikurangi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar