Jumat, 27 Maret 2015

RAMBUTAN BERBUAH MARKISA




Demikianlah penampakannya. Kebetulan pertumbuhan pohon markisa ini begitu cepat sehingga semua sarana didekatnya dijadikan tumpangan untuk tumbuh merambat. Bermula dari biji yang dengan mudah tumbuh menjadi baby pohon markisa Passiflora quadrangularis . kurang lebih satu tahun sudah cukup lebat dan berbuah.

Sulurnya menjalar sesuka nya, ada pohon rambutan ok, pohon
jambu pun ok. jadinya pohon rambutan didekatnya menjadi cukup rimbun dengan daun dan buah markisa.
Ada sedikit yang unik, pohon markisa ini dari induk markisa kuning. tetapi anakan ini  pada awalnya sempet muncul buah ungu  meski cuma 2 biji. dan selanjutnya berbuah kuning cukup  lebat.  dan sekitar tiga bulan erselang muncul buah ungu yang juga cukup banyak. 
Ternyata satu sulur induk berbuah kuning dan satu sulur induk yang lain berbuah ungu.


Biasanya Markisa ungu lebih mudah tumbuh di dataran tinggi. dan markisa kuning lebih sering dijumpai di dataran rendah. Daerah yang dikenal sebagai sentra produksi markisa  di Indonesia adalah Sulawesi Selatan dan Sumatra Utara.

Banyak sumber menyatakan markisa Ungu lebih harum dan manis  dibanding markisa kuning. Ternyata memang benar demikian ada aroma harum yang terasa lebih enak pada markisa ungu dibanding yang kuning.

 Ternyata markisa memiliki banyak manfaat : penghilang nyeri, anti radang, obat desentri, semblit daunnya bisa untuk obat asam urt , disayur pun daun mudanya cukup ok...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar