Rabu, 16 Februari 2011

Semangat Penari Tua

Sebelumnya mohon maaf ya mak, jika kutulis judul dengan julukan penari tua. Bukan maksud hati untuk mengecilkan keberadaanmu. Begitulah adanya, ketika toko bu Katimun sedang sunyi, emang jamnya lebih enak buat tiduran di rumah, karena panas terik sang mentari. Akan tetapi dari balik etalase toko, terlihat sosok ibu sedikit mungil tapi nampak energik.

Begitu menarik kehadirannya. Meski hanya sekejap mata kita melihat, pastilah kta dapat
menangkap sosoknya. Karena baju yang dia kenakan begitu menarik. Kostum tari kesatria lengkap dengan topi ala Raden Arjuna, warna merah orange dengan rumbai-rumbai di kanan kiri. Meriah banget...ditambah bedak sedikit tebal.

Biasanya make up gini mah bikin wajah jadi tambah ayu imut..tapi ku lihat tak begitu adanya dengan ibu penari ini. sepertinya dia pun tak banyak mengharap agar terlihat cantik. Yang penting..... ada rejeki singgah ditangannya.

Ternyata ibu kita ini bukan hendak menari, tetapi dia memainkan sebuah alat musik. Gender kecil yang biasa dimainkan anakku yang masih TK. Terdengar alunan lagu gambang suling dengan nada melodi lumayan jelas tertangkap telinga kita. Akhirnya uang logam entah berapa yang baru saja dia terima dari lia, anak tetangga depan toko.

Dia beranjak dari rumah lia menuju ke arah toko . Gender kecil itu di ikat di boncengan belakang sepeda ontanya dan mengikatnya dengan seutas tali. Segera dia beranjak setelah jalan sepi dari laju motor yang selalu lalu lalang. Kembali kudengar lagu gambang suling dari musik yang dia mainkan.

Begitulah panggung sandiwara ini. Ada yang mudah mendapatkan rejeki, ada yang begitu susah untuk meraihnya meski hanya sedikit. yang lebih penting, kita harus tahu ada rejeki halal, toyib dan barokah. Namun ada pula rejeki haram. Keduanya sama-sama berkeliaran di sekitar kita. Seberapa kuatnya hati kita untuk teguh di jalan lurus dengan rejeki halal. dan bila hati sudah dikuasai nafsu dunia, maka lahirlah penipu, pencuri dan koruptor........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar